Hitung Mundur Ujian Nasional SMA/SMK/MA

Rabu, 30 Desember 2009

Gus Dur Wafat


Innalillahi Wa Innaillaihi Roji'un

Telah meninggal tanggal 30 Desember 2009 jam 18.45 Wib. dengan tenang Gus Dur (Abdurrahman Wahid), Mantan Presiden RI Ke 3

Setelah dijenguk oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Mantan Presiden KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur meninggal dunia, Rabu (30/12), di Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, dalam usia 68 tahun. Sebelumnya, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu dirawat di ruang VVIP nomor 116 Gedung A rumah sakit itu.

Seperti dilansir ANTARA, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono datang ke RSCM, Rabu petang, untuk menjenguk Gus Dur yang dikabarkan telah kritis. Presiden Yudhoyono tiba di halaman RSCM sekitar pukul 18.30 menggunakan mobil kepresidenan dengan pengawalan tidak terlalu ketat.

Presiden Yudhoyono yang mengenakan kemeja batik berwarna coklat tampak masuk dari pintu utama RSCM langsung menuju kamar tempat Gus Dur dirawat. Tidak tampak Ibu Negara Ani Yudhoyono mendampingi Presiden.

Sekitar 10 menit setelah Presiden tiba, datang Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih yang tampak agak terburu-buru. Ia kemudian segera menyusul ke kamar tempat Gus Dur dirawat yang sedang dikunjungi Presiden.

Sebelum dirawat di RSCM Jakarta, cucu pendiri NU KH Hasyim Ashari itu sempat menjalani perawatan medis di RS Jombang Jawa Timur, pada Kamis (24/12), karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur Adik Gus Dur, Salahuddin Wahid, yang saat ini berada di Jogjakarta mengatakan dirinya menerima kabar itu dari keluarga.
Saat ini keluarga sudah berkumpul di kediaman Gus Dur di RSCM, Jakarta.

Gus Dur adalah Presiden RI pada tahun 1999-2001. Sebelumnya ia menjadi ketua PB Nahdlatul Ulama, satu dari dua organisasi Islam moderat terbesar di Indonesia. Gus Dur lahir di Jombang tanggal 7 September 1940. Presiden SBY datang ke RSCM saat mendengar Gus Dur kritis. SBY bahkan ikut menyaksikan detik-detik terakhir menjelang kepulangan mantan Presiden RI itu menghadap sang pencipta.

"Pak SBY tiba sekitar pukul 18.00 WIB dan pulang sekitar pukul 19.00 WIB," ujar kerabat Gus Dur yang menolak disebutkan namanya di RSCM, Jl Diponegoro, Jakarta, Rabu (30/12/2009).

Selain SBY, sejumlah pejabat negara lainnya juga ada di saat-saat terakhir Gus Dur. Antara lain Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih.

"Dari pihak keluarga ada di antaranya Mbak Yenny," ungkapnya.

Sebelumnya, adik kandung Gus Dur, KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah, mengatakan Gus Dur menghembuskan nafas terakhirnya pukul 18.45 WIB.

"Saya mendapat kabar beliau meninggal. Kabar yang saya terima beliau meninggal pada pukul 18.45 WIB," kata Gus Sholah.


http://berita.liputan6.com/politik/200912/256727/Abdurrahman.Wahid.Meninggal.Dunia

http://berita.liputan6.com/sosbud/200912/256726/Gus.Dur.Meninggal.Dunia.dalam.Usia.68

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar